65 Persen Pelanggan Data Center XL adalah UKM - Dalam bisnis layanan data center, XL Axiata menyasar segmen korporasi
sebagai target pelanggannya. Saat ini pelanggan korporasi di level
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menguasai hampir 65 persen layanan yang
dihadirkan oleh operator selular terbesar kedua di Indonesia ini.
Keberadaan
UKM yang jumlahnya mencapai 59 juta di Indonesia ini tentunya menjadi
ceruk pasar tersendiri bagi layanan penyimpanan data dan komputasi awan.
“Dari total UKM tersebut hanya 75 ribu UKM yang sudah melek internet,
tentunya angka ini sangat potensial sekali untuk digarap,” jelas Yessie D
Yosetya, Chief Digital Service Officer XL Axiata.
Jumlah pelanggan layanan data center dan Cloud XL saat ini masih
terbilang kecil hanya sekitar 130 pelanggan korporasi saja. Sehingga
peluang untuk memaksimalkan layanan ini masih sangat besar. “Sampai
akhir tahun target kami dapat 250 pelanggan korporasi yang menggunakan
layanan data center dan cloud,” diakuinya.
XL saat ini juga tengah melakukan studi mengenai kebutuhan IT oleh
UKM dan dari hasil kesimpulan sementara akan ada 17 kota yang menjadi
target XL dalam menggarap segmen UKM untuk layanan data center ini.
UKM yang menjadi target XL adalah pelaku yang sudah mengerti internet
dan sadar akan kebutuhannya terhada Information Technology (IT) tetapi
tidak tahu bagaimana mengelola data centernya.
Selain itu menurut Yessie untuk meningkatkan penggunaan layanan ini
beberapa waktu lalu di Yogyakarta, XL telah menghadirkan program
usahawan yang menawarkan solusi cloud dan data center bagi para pelaku
UKM.
Paket program yang ditawarkan kepada UKM tersebut diakui Yessie
harganya sangat kompetitif. Dengan harga yang minimum pelanggan sudah
mendapat url sendiri.
Selain harga kompetitif yang menjadi nilai lebih dalam layanan ini,
XL juga menawarkan kemudahan bagi para pelaku UKM dengan menyediakan
template siap pakai dan user friendly untuk mengembangkan website-nya.
Home » Info Gadget » 65 Persen Pelanggan Data Center XL adalah UKM
Posting Komentar